July 11, 2012

Mengenali dan Mengatasi Blue Screen of Death

Mengenali dan Mengatasi Blue Screen of Death
Selamat malam sobat abduhshare, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Mengenali dan Mengatasi Blue Screen of Death. Diilhami dari kejadian beberapa jam lalu saat sedang asyik main game Winning Eleven favorit saya tiba-tiba layar monitor teman saya (berhubung mobo komputer saya mati jadi sementara menginap di rumah teman untuk ikutan main game ^_^) beubah menjadi lautan biru dengan beberapa baris keterangan yang menunjukkan bahwa komputer yang sedang saya gunakan over memori (padahal sudah menang besar, gak jadi deh dapat rokok sebungkus ^_^). Teman saya pun mengajukan banyak pertanyaan seputar blue screen. Sebelum kita Mengenali dan Mengatasi Blue Screen of Death lebih baik kita tahu terlebih dahulu, apa itu Blue Screen of Death?

Blue Screen of Death
(BSOD, dalam Bahasa Indonesia berarti layar biru kematian), atau terkadang di sebut "layar biru" (blue screen) adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft) (http://id.wikipedia.org). Munculnya Blue Screen pada layar monitor tentu ada sebabnya, diantaranya, adanya kesalahan memori, terdapat registry yang rusak, driver yang tidak cocok, dan beragam masalah lainnya. Apa tujuan adanya Blue Screen of Death (BSOD)? Tujuan dari adanya BSOD adalah menampilkan kesalahan/ bug/ error yang
ada pada sistem pengguna agar pengguna tersebut dapat memperbaikinya.
BSOD sendiri sepertinya sudah menjadi ciri khas dari sistem Windows ini terbukti sejak generasi Windows terdahulu hingga Windows masa depan pun BSOD akan tetap ada.

BSOD Windows 95/98
BSOD Windows ReactOS

BSOD Windows XP

BSOD Windows Vista and 7

BSOD Windows 8

Berikut adalah cara mengenali dan mengatasi Blue Screen of Death (BSOD):
  • NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pada pesan error ini berarti masalah pada partisi, kemungkinan dari file systemnya. Untuk mengatasinya, Anda periksa sambungan kabel harddisk baik itu sambungan arus listrik dari PSU maupun sambungan PATA atau SATA yang digunakan. Atau Anda fragmentasi harddisk Anda menggunakan software maupun perintah CHKDSK
  • DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini berarti slot pada motherboard rusak atau berdebu, biasanya slot yang bermasalah adalah pada slot memori. Untuk mengatasinya Anda bersihkan slot-slot yang ada pada mobo terutama slot memori.
  • PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini berarti telah terjadi masalah pada RAM, periksa apakah RAM rusak atau tidak. Solusinya Anda cabut RAM-nya dan bersihkan slot dan RAM-nya, bersihkan RAM dengan penghapus.
  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini berarti telah terjadi kesalahan pada pengaturan pemasangan jumper, driver IDE controler, atau kesalahan pada saat installasi driver chipset.
  • MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini berarti disebabkan oleh kerusakan Prosesor, atau juga bisa disebabkan oleh kerusakan/ kekurangan daya pada power supply. Anda harus menjaga suhu prosesor agar tetap terjaga, tapi bila tetap muncul pesan error ini artinya prosesor atau PSU Anda sudah mau tutup usia.
  • BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini biasanya terjadi karena kesalahan pada saat menginstall atau mengupgrade driver, karena ini memaksakan sehingga komputer mengalami blue screen.
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan ini terjadi karena ada kerusakan hardware pada komputer Anda, bisa jadi RAM, VGA,  atau memory di prosesor (L2 Cache)
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Masalah ini terjadi bisa karena kesalahan pada saat menginstall driver, terjadinya timpang tindih/ bentrok pada driver yang biasanya terjadi ketika pengguna menginstall/ update driver baru sedangkan driver lama tidak terhapus/ dihapus (berhati-hatilah bagi Anda yang gemar update/ coba-coba install driver baru). Selain itu kesalahan ini pun bisa terjadi karena pengaturan/ penginstallan driver VGA dan Audio Sound.
  • UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan ini muncul terjadi karena Prosesor terlalu panas, cek kipas prosesor. Bisa juga disebabkan karena overclocking yang melebihi performa batas prosesor. Atau terjadi masalah pada motherboard.
  • VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan ini terjadi karena terjadi kesalahan saat install driver video card atau VGA. Solusinya install driver VGA yang sesuai dengan OS dan tipe sistem yang digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai
Cara Mengenali dan Mengatasi Blue Screen of Death (BSOD) yang dapat fikrishare.com jelaskan pada sobat fikrishare, semoga pembahasan mengenai Cara Mengenali dan Mengatasi Blue Screen of Death (BSOD) dapat bermanfaat bagi sobat.




Sumber:
  1. Buku modul komputer dari guru teknisi saya dulu
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Blue_Screen_of_Death
  3. Google Image

2 komentar:

Pengunjung yang baik adalah yang meninggalkan komentar walau hanya sepenggal kata.
Peraturan Berkomentar di Kolom Komentar Abduhshare :
» Jangan Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Politik, Sara, Pornografi, Menyinggung)
» Tidak Di Ijinkan menampilkan Link(URL)
» Bentuk Komentar Tidak Berbau Keagamaan
» Dilarang Promosi Saat Berkomentar

Jika melanggar kriteria diatas, maka komentar akan dihapus

Terima kasih sudah berkunjung..
admin abduhshare